Potensi Usaha Sosis Gulung Mie Masih Menggiurkan

Ada beberapa tipe sosis yang berdasarkan pada bahan utamanya, misalnya sosis sapi, sosis bandeng, sosis ayam, sosis tempe, sosis kambing, dan sebagainya. Kata Sosis lahir dari aksen “Salsus” yang dalam bahasa Latin diartikan sebagai suatu makanan yang diawetkan. Berdasarkan sejumlah arsip sejarah, olahan makanan Sosis diduga berasal dari bangsa Sumeria kurang lebih pada abad 3 sebelum masehi.

Dalam arsip kuno yang tersimpan di Yunani, diceritakan saat itu penduduk Sumeria yang sekarang menjadi wilayah Irak akan mengalami musim paceklik, sehingga orang-orang Sumeria mencoba untuk mencari alternatif supaya mampu menyimpan pasokan komposisi pangan, utamanya daging. Kemudian mereka sukses mengolah daging jadi bentuk pangan siap saji yang bernama sosis.

Usaha Sosis Gulung Mie
Formula sosis ini kemudian diikuti oleh seluruh bangsa saat itu dengan selera mereka sendiri. seperti Sosis Bologna lahir dari kota Bologna di Italia Utara, selanjutnnya Sosis Lyon berasal dari wilayah Lyon di Prancis, serta Sosis Berkshire yang berasal dari negara Inggris. Dalam memproduksi sosis, ada sejumlah langkah-langkah yang harus dikerjakan, diantaranya adalah:

Penyiapan Resep Sosis gulung mie serta Perlengkapannya
Bahan sosis tergantung dari jenis daging atau bahan utama yang akan dibuat, ceklah bahan-bahan yang Anda gunakan adalah bahan yang dalam kondisi fresh agar konsumen tidak kecewa.

Sementara itu kefreshan bahan dasar akan sangat mempengaruhi rasa dari sosis yang akan Anda buat. jika Anda ingin membuat sosis ayam, maka bahan-bahannya antara lain:

-Mie Secukupnya

-Daging 500 gr

-Tepung sagu kurang lebih 50 gr

-Susu skim kurang lebih 50 gr

Pembungkus seperlunya. Pada masa dulu pembungkus adonan berasal dari usus sapi dan kambing dan Babi, atau komposisi lain yang bisa digunakan untuk kepentingan bungkus-membungkus, seperti serat sellulosa, kolagen, dan plastik. Pelapis atau kulit sosis ini bisa diperoleh di warung-warung di sekitar lingkungan kita.

Baca juga  Peluang Emas Bisnis Bakso Mentah Tanpa Susah
Resep sosis terdiri dari garam dapur sesuai selera, gula pasir secukupnyabiasanya 30gr, lada merica (10gr), bawang putih (10gr), lemak ayam sesuai selera umumnya 100gr, garam nitrat (1gr), minyak goreng (50gr), cuka (20ml), penyedap rasa secukupnya, jahe dan pala (3gr), pengenyal phosmix Mp untuk bakso/sosis 1/2sdt, dan es batu sebanyak 200gr.

Sedangkan alat-alat yang perlu disediakan antara lain: perlengkapan masak, contohnya panci, baskom, pengukus, dsb, mesin penghancur (blender) daging, dan mesin pengisi sosis (filling sosis) supaya setiap tahap pembuatan lebih cepat.

Cara Pembuatan Sosis Gulung Mie
Daging yang telah bersih, dipotong-potong selanjutnya digiling dengan mesin penghalus khusus daging. Saat proses tersebut berlangsung, tambahkan juga garam, garam nitrat, phosmix MP, dan setengah bagian es batu. Setelah itu, masukkan pula susu skim, tepung terigu, dan bumbu-bumbu. Sisa es batu lainnya ditambahkan juga ke mesin penghalus agar menghasilkan adonan yang lebih kenyal. Aduk terus agar adonan menyatu. Selanjutnya sebelum tahapan pencampuran selesai, masukkan minyak goreng pada adonan. Langkah selanjutnya ialah mendiamkan adonan supaya sedikit lebih dingin.

Langkah ini berjalan selama 1/4 jam. Ketika adonan lumayan dingin, selanjutnya adonan dibungkus ke dalam selongsong (casing). Proses memasukkan adonan sosis ke dalam selongsong yang berbentuk pipa tersebut dapat dikerjakan sendiri bisa juga dengan mesin filling sosis yang dapat Anda pesan di Ramesiamesin.com.

Selepas Proses pengemasan sosis berakhir, Proses selanjutnya yaitu pengukusan. Kukus sosis ke dalam air panas yang berthemperatur konstan 60°-70° C hingga 50 menit. Jika kegiatan perebusan telah dilalui, maka sosis sudah siap dibungkus lagi untuk Proses penjualan dan disimpan di lemari pendingin.

Proses Pemasaran Produk
Tahapan pemasaran sosis ini bisa kita lakukan dengan menawarkan ke warung, atau ke konsumen secara langsung.

Selain itu, Anda juga bisa mengolahnya sebagai hidangan siap santap seperti sosis goreng, sosis bakar, serta sosis gulung mie. Untuk bisa bersaing dengan sosis lain, maka kreativitas rasa menjadi kunci suksesnya.

Sumber : https://ramesia.com/usaha-sosis-gulung-mie/

Peluang Bisnis Roti Jala yang Menggiurkan

Mendirikan usaha pembuatan roti jala dengan skala kecil bisa menjadi pilihan untuk Anda yang masih mencari usaha yang menguntungkan. Bisnis rumahan seperti ini termasuk kedalam jenis ukm yang tidak membutuhkan modal terlalu besar dan bisa dijalankan pada lokasi dengan space terbatas cukup dengan memanfaatkan dapur ataupun garasi rumah bisnis ini sudah bisa dijalankan mengingat peralatan berupa mesin yang dibutuhkannya tidak berukuran besar.

Usaha roti jala rumahan semacam ini juga dapat dijalankan diberbagai wilayah karena pangsa pasarnya yang cukup luas tentunya Anda pasti pernah memperhatikan di toko pinggir jalan roti jala seperti ini dijajakan dengan beraneka rasa seperti coklat, moca, susu dan lain lain. Roti jala dijajakan dengan harga bermacam-macam mulai dari 1000 sampai 10 ribuan tergantung ukuran dan jenisnya.

Itu merupakan hasil dari produk bisnis roti jala kelas rumahan ini, rata-rata mereka memasarkan rotinya dengan sistim titip ke warung, setiap hari akan ada orang yang bertugas datang untuk mengecek berapa roti yang laku terjual di hari sebelumnya selain itu mereka juga mengisi kembali jika stok roti di kiosnya mulai berkurang.

Cakupan pemasarannya tergantung dari skala besarnya bisnis pembuatan roti yang dijalankan, jika kemampuan produksi rotinya masih seadanya biasanya cakupan penjualannya hanya disekitar tempat pembuatannya, kendaraan yang digunakan untuk berjualan pun cukup menggunakan kendaraan roda dua seperti sepeda motor atau sepeda.

Sementara untuk usaha pembuatan roti jala rumahan yang telah berskala cukup besar, lingkup pemasaran mereka biasanya lebih luas karena daya produksi rotinya pun sudah lebih besar, armada yang digunakan untuk penjualan biasanya dapat berupa kendaraan roda empat, usaha pembuatan roti jala dengan skala sebesar ini bahkan penjualannya sudah mampu mencapai luar kota.

Langkah Memulai Bisnis Roti Jala Rumahan
Tertarik dengan model bisnis seperti ini? Paling awal yang harus Anda persiapkan ialah keahlian atau keterampilan cara membuatnya baik dimiliki sendiri ataupun dengan mempekerjakan sumberdaya yang mahir dibidang pembuatan roti.

Selanjutnya juga perlu disediakan berbagai jenis alat penunjang berupa mesin dan peralatan produksi lainnya, dalam penyediaan mesin inilah yang paling menghabiskan banyak biaya bisnis karena harga dari tiap mesinnya lumayan mahal, diantaranya yang biasa dipakai adalah:

Baca juga  Peluang Bisnis Kemasan Kardus yang Terus Berkembang
Mixer, yang berfungsi sebagai pembentuk adonan utama pembuatan roti.

Mesin Proofer atau biasa disebut lemari pengembang roti, berperan untuk melancarkan proses pemekaran adonan roti sebelum dimasukan ke dalam oven.

Dough Divider, atau biasa disebut mesin pembagi adonan. Fungsinya adalah untuk membentuk dan membagi adonan roti agar ukurannya sama rata.

Oven, berguna untuk memanggang sebagai langkah terakhir dalam pembuatan roti.

Berbagai alat pendukung lain juga dibutuhkan, seperti loyang, pemotong, cetakan roti dan lain lain. Harga dari setiap mesin di atas bervariasi tergantung dari jenisnya, sebagai gambaran harganya sekitar 6 jutaan hingga 15 jutaan. Sampai-sampai jika Anda ingin secara lengkap memiliki seluruh mesin produksi roti ini, modal yang harus dipersiapkan sekitar 30 sampai 50 jutaan.

Lumayan besar memang modal yang dibutuhkan, namun jangan dulu berkecil hati kalau dana usaha pembuatan roti rumahan Anda tidak mencapai angka di atas. Contoh yang kami ulas di atas cuma sebagai gambaran biaya yang dibutuhkan untuk membeli mesin pembuatan roti yang bagus.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Memotong Daging Dendeng secara Mudah dan Menyenangkan

Analisa Peluang Usaha Roti Unyil Venus