Analisis Peluang Bisnis Mie Kober yang Keuntungannya Bikin Meler

Sebelum kita mempelajari lebih dalam mengenai bisnis mie, ada baiknya kita memahami terlebih dulu pengertian dari bisnis, potensi dan peluang bisnis.

Definisi Bisnis

Hal pertama kita bahas yaitu definisi bisnis.

Pengertian bisnis adalah kegiatan penjualan barang atau jasa yang dilakukan oleh seorang, sekelompok orang atau perusahaan kepada masyarakat dengan maksud paling utama adalah meraup laba.

Dan sesungguhnya, kita mengerjakan bisnis apapun ialah memang bertujuan untuk meraup keuntungan yang besar.

Pengertian Potensi Bisnis dan Peluang Bisnis

Potensi adalah sebuah kemampuan yang bisa diperoleh berdasarkan kemampuan internal kita dalam melakukan bisnis yang apik.

Potensi harus kita pahami guna menunjang apa yang hendak kita jalankan dari sebuah bisnis.

Potensi merupakan kemampuan internal dari pebisnis tersebut. Kemampuan yang pertama yaitu jiwa dari pebisnis, sudah mempunyai jiwa seorang pebisnis atau belum.

Jiwa pebisnis harus berani untuk mengambil resiko dan bahaya, termasuk resiko bangkrut dan rugi. Yang kedua yaitu tentang modal.

Kita tak dapat memungkiri semakin besar modal yang dipunyai oleh seseorang maka semakin besar pula peluang untuk menjalankan sebuah bisnis.

Namun, modal bukanlah hal paling utama karena hal yang lebih utama ialah keinginan untuk berkomitmen dan belajar konsisten dalam menjalankan bisnis.

Sedangkan mengenai peluang bisnis, selain mengandalkan potensi bisnis kita juga harus mengetahui peluang bisnis tersebut dan menganalisanya dengan sangat baik dan teliti.

Definisi peluang bisnis baru bisa diketahui setelah kita melakukan analisa dengan menyeluruh tentang bisnis tersebut.

Peluang bisnis juga biasanya datang waktu seseorang mempunyai keinginan untuk melakukan bisnis walaupun dengan dana seadanya.

Oke, setelah mengetahui pengertian bisnis, potensi dan peluang bisnis, maka sudah waktunya untuk mengulas tentang ide bisnis yang memiliki prospek bagus.

Sebenarnya ada banyak ide-ide bisnis yang memiliki prospek cerah bila dijalankan di Indonesia, apalagi bisnis makanan.

Kalau kita melihat pasar di Indonesia, tentu ada banyak peluang usaha kuliner yang bisa dijalankan oleh calon pebisnis yang menyukai bisnis kuliner.

Masyarakat Indonesia sangat terkenal konsumtif dibandingkan negara-negara lain, termasuk dalam hal makanan.

Baca juga  Analisis Peluang Usaha Sosis Bakar di Indonesia
Indonesia juga terkenal dengan jenis makanannya yang beraneka macam dari berbagai daerah, mulai dari makanan utama hingga makanan ringan.

Harganya juga bervariasi mulai dari yang murah, sampai yang mahal.

Jika tertarik mencoba bisnis di bidang kuliner Indonesia, maka salah satu bisnis kuliner yang perlu anda coba ialah bisnis mie.

Mayoritas orang Indonesia pasti sudah familiar dengan kuliner satu ini.

Makanan ini mempunyai rasa yang sangat nikmat dan mudah ditemukan dimanapun.

Kuliner ini mempunyai sangat banyak penggemar, baik laki-laki, perempuan, anak kecil, remaja, dewasa, hingga orang tua.

Mengapa Harus Bisnis Mie Ayam?

Indonesia merupakan negara pengkonsumsi mie tertinggi nomor dua di dunia setelah negara China.

Bahkan saat ini mie sudah menjadi makanan utama kedua sesudah beras.

Banyak olahan makanan dengan bahan dasar mie yang dijadikan sebagai ladang bisnis, contohnya adalah mie ayam.

Kesempatan usaha mie ayam sangatlah bagus dan menguntungkan serta pasarnya pun luas.

Usaha mie ayam merupakan bisnis yang tidak akan mati karena penikmat makanan ini sangatlah banyak dan terdapat dimana-mana.

Biarpun sudah banyak orang yang berjualan mie ayam, namun penggemar mie ayam tidak akan pernah berkurang bahkan semakin bertambah terus.

Usaha mie ayam ini memiliki prospek yang bagus dalam jangka waktu yang lama, bahkan bisnis mie ayam ini sudah melahirkan banyak orang yang sukses.

Dengan semua kelebihan bisnis mie ayam, maka tidak aneh bila banyak pelaku usaha baru yang berkeinginan untuk memulai bisnis mie ayam ini.

Tapi sebelum memulai bisnis ini, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan.

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Bisnis Mie Ayam

1. Modal Usaha

Kekurangan modal awal usaha merupakan perkara yang sering terjadi ketika hendak memulai sebuah bisnis.

Ada banyak sekali cara untuk menutupi kekurangan modal awal usaha, semisal dengan mencari rekan kerja yang bisa diajak kerja sama, mencari pinjaman ke koperasi atau bank lewat penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) untuk pelaku usaha kecil menengah (UKM).

Baca juga  Tips dan Cara Mudah Membuat Popcorn Balado
2. Tempat Bisnis

Pilihlah tempat bisnis yang banyak dikunjungi atau tempat yang dilewati banyak orang.

Saat menentukan lokasi bisnis juga penting untuk memperhitungkan dana yang akan dikeluarkan.

Contoh tempat usaha makanan yang strategis semisal di daerah sekitar sekolah atau kampus, wilayah perkantoran, pasar, mal, permukiman dan tempat wisata.

3. Menu Andalan

Sebelum memulai usaha, sebaiknya melakukan survei tentang menu yang beredar di pasaran terlebih dahulu.

Lalu, pilih menu-menu yang paling enak dan populer.

Tetapi jika ingin mengurangi jumlah kompetisi, pilih menu yang istimewa dan belum banyak dijual.

Tetapi opsi menu tersebut perlu disesuaikan dengan sasaran konsumen.

4. Sasaran Pasar

Salah satu faktor kunci sukses menjalankan bisnis kuliner adalah menyesuaikan bisnis dengan target konsumen.

Meskipun produk ditawarkan dengan harga murah meriah, tetapi tidak sesuai dengan kegemaran konsumen maka hal ini dapat menjadi kendala.

5. Sikap Terhadap Konsumen

Penting untuk menjaga sikap ataupun perilaku ketika menghadapi pembeli, semakin anda santun dan sopan maka semakin banyak pula pembeli yang berkeinginan menjadi pelanggan.

Coba dibayangkan apakah ada pembeli yang mau membeli pada pedagang yang tidak sopan dan pelit?

Demikian penjabaran tentang bisnis mie yang bisa dijadikan sebagai panduan bisnis makanan yang akan anda jalankan.

Semoga bisnis apa saja yang anda jalankan bisa sukses dan membawa kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat.

Dan Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

Sumber : https://ramesia.com/bisnis-mie-kober/

Melihat Peluang Bisnis Roti Unyil Untuk Memulai Usaha

Membangun usaha pembuatan roti unyil dengan skala kecil dapat menjadi pilihan untuk Anda yang sedang mencari usaha yang profitabel.

Bisnis rumahan semacam ini masuk kedalam kategori home industri yang tidak membutuhkan modal terlalu besar dan dapat dijalankan pada tempat dengan space terbatas cukup dengan memakai dapur ataupun garasi rumah bisnis ini sudah bisa berjalan mengingat alat-alat berupa mesin yang dibutuhkannya berukuran kecil.

Usaha roti unyil rumahan semacam ini juga dapat dijalankan diberbagai wilayah karena target pasarnya yang cukup luas tentunya Anda pasti pernah memperhatikan di kios pinggir jalan roti unyil macam ini di jajakan dengan beraneka rasa seperti coklat, susu, moca dan lain sebagainya.

Roti unyil di jajakan dengan harga bermacam-macam dari mulai 1000 hingga 10 ribuan tergantung ukuran dan macam nya.

Itulah hasil dari produk usaha roti unyil kelas rumahan ini, kebanyakan penjual menjual rotinya dengan sistim titip ke kios, setiap hari akan ada orang yang bertugas datang untuk mengecek jumlah roti unyil yang laku terjual pada hari sebelumnya selain itu mereka juga mengisi kembali apabila stok roti unyil di kios nya mulai habis.

Lingkup pemasarannya tergantung dari skala besarnya usaha pembuatan roti unyil yang di kerjakan, jika kemampuan produksi rotinya masih minim biasanya lingkup pemasarannya hanya disekitar wilayah produksinya, armada yang digunakan untuk berkeliling pun cukup memakai kendaraan roda dua seperti sepeda motor atau sepeda.

Sementara untuk bisnis pembuatan roti unyil rumahan yang telah berskala lumayan besar, lingkup penjualan mereka umumnya lebih luas karena kapasitas produksi rotinya pun sudah lebih besar, armada yang digunakan untuk pemasaran biasanya sudah berupa kendaraan roda empat, usaha pembuatan roti unyil dengan skala seperti ini bahkan pemasarannya sudah mampu mencapai luar kota.

Langkah Memulai Bisnis Roti Unyil Rumahan

Tertarik dengan model usaha semacam ini? Pertama yang harus Anda persiapkan ialah kemampuan atau kemahiran untuk membuatnya baik itu dimiliki sendiri atau pun dengan merekrut sumberdaya yang kompeten dibidang pembuatan roti unyil.

Baca juga  Membuka Usaha Roti Durian yang Lezat
Sesudah itu juga perlu di sediakan berbagai jenis alat penunjang berupa mesin dan peralatan produksi lainnya, dalam menyediakan mesin inilah yang paling menghabiskan banyak biaya bisnis karena harga tiap mesinnya lumayan mahal, diantaranya yang biasa di pakai adalah:

Mixer, yang berfungsi untuk membuat adonan utama pembuatan roti unyil.

Mesin Proofer atau lemari pengembang roti unyil, berguna untuk melancarkan proses pengembangan adonan roti unyil sebelum masuk oven.

Dough Divider, atau biasa disebut mesin pembagi adonan. Fungsinya adalah untuk membentuk dan memecah adonan roti unyil supaya ukurannya sama rata.

Oven, berfungsi untuk memanggang sebagai langkah terakhir dalam pembuatan roti unyil.

Berbagai jenis alat penunjang lain juga di perlu kan, seperti loyang, pemotong, cetakan dan lain lain. Harga dari tiap-tiap mesin di atas berbeda tergantung dari merk nya, sebagai perkiraan harganya sekitar 6 jutaan sampai 15 jutaan.

Sehingga jika Anda ingin secara lengkap mempunyai semua mesin produksi roti unyil ini, dana yang harus dipersiapkan sekitar 30 sampai 50 jutaan.

Lumayan besar memang modal yang diperlukan, namun jangan dahulu berkecil hati jika modal bisnis pembuatan roti unyil rumahan Anda belum sampai angka di atas.

Contoh yang kami informasikan di atas cuma sebagai gambaran biaya yang diperlukan untuk membeli mesin pembuat roti unyil yang bagus.

Sementara pada kenyataannya Anda bisa saja membuka bisnis ini cukup dengan cara lama yang bermodalkan oven roti unyil saja, sedangkan peralatan lain bisa memanfaatkan peralatan yang biasanya sudah ada seperti mixer dan alat lainnya.




Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Potensi Usaha Sosis Gulung Mie Masih Menggiurkan

Cara Memotong Daging Dendeng secara Mudah dan Menyenangkan

Analisa Peluang Usaha Roti Unyil Venus