Tips Mudah Memulai Usaha Packaging

Di zaman modern seperti sekarang ini, packaging menjadi hal penting dalam kehidupan sehari-hari, khususnya untuk keperluan produk hasil usaha. Packaging yaitu bagian terluar yang menutupi suatu produk dengan tujuan untuk menj
aga produk tersebut dari cuaca, guncangan dan benturan-benturan, dengan benda lain. Setiap benda yang membungkus produk di dalamnya dapat disebut dengan packaging sejauh hal tersebut memang melindungi produk di dalamnya.

Pada saat menghadapi kompetisi pasar, pelaku bisnis makanan ringan membutuhkan perubahan dan inspirasi untuk menyajikan produk makanan ringan agar berbeda dari produk lain. Contohnya dengan cara mengubah bentuk dan desain kemasan produk yang jauh lebih menarik. Bagi Anda yang ingin memulai usaha packaging yang inovatif, berikut tips-tips yang bisa Anda lakukan saat memulai bisnis tersebut.

Langkah Memulai Bisnis
Ide yang Inovatif
Untuk Anda yang akan memulai usaha packaging memang dibutuhkan gagasan yang baru. Selain itu juga memerlukan kreativitas yang luar biasa sehingga usaha packaging yang Anda jalankan berbeda dengan yang lain. Maka dari itu usaha Anda akan meningkat.

Perencanaan Usaha.
Perencanaan yang matang juga diperlukan untuk memulai usaha packaging. Anda tak akan bisa berjalan tanpa adanya strategi yang jelas. Tanpa ada rencana yang matang sama saja Anda merencanakan kegagalan.
Menciptakan Peluang.
Peluang tak selalu ada, sebaiknya Anda yang harus menciptakan peluang tersebut.
Rekrut Pegawai dengan Baik.
Tanpa melihat ukuran bisnis Anda, suatu saat pasti Anda akan merekrut pegawai dari luar. Untuk itu, lakukan proses penerimaan dengan benar, jangan terburu-buru. Karena sangat merugi apabila pemilik bisnis yang mempunyai visi untuk usahanya, tetapi merekrut pegawai yang malah menghambatnya meraih visi tersebut.
Lebih Realistis.
Ketika akan merancang model usaha, perhatikan ke sekitar Anda dan carilah contoh keberhasilan dari rencana usaha yang anda kehendaki, kemudian pelajari.

Menjadi yang Terunggul.
Jika ingin mengawali usaha, Anda tidak boleh setengah-setengah. Setiap hal yang Anda lakukan untuk klien mesti yang unggul. Apapun yang Anda buat dan pasarkan, haruslah yang paling unggul. Lakukan itu secara terus-menerus dan kekuatan word of mouth bakal berkembang.

Baca juga  Bisnis Makanan Ringan Buatan Sendiri Laku Keras Dipasaran
Produksi Produk yang Menarik

Desain kemasan makanan ringan yang inovatif dan kreatif, serta mempermudah konsumen saat menggunakan dan membawanya karena pada saat ini para klien lebih mengutamakan nilai kepraktisannya.

Menentukan warna kemasan yang cerah dan menarik. Penggunaan warna yang menakjubkan pada kemasan akan membuat produk packaging terlihat lebih menarik dari pola warna. Efek kecerahan yang didatangkan dari sifat packaging itulah yang akan memberi kesan menarik pada produk.

Tambahkan petunjuk yang singkat dan padat mengenai barang yang ada pada kemasan produk. Informasi yang dicantumkan tentang informasi pemakaian dan manfaat produk.

Fungsi Packaging

Fungsi sangat mendasar dari packaging ialah untuk melindungi produk dari kerusakan-kerusakan, sehingga lebih mudah dimuat dan dipasarkan. Secara umum fungsi packaging terhadap bahan pangan adalah:

Melindungi produk selama proses sirkulasi dari produsen hingga ke pelanggan, agar produk tidak tertebar, terutama untuk cairan, pasta atau butiran.

Menjaga barang dari sinar ultraviolet, panas, kelembaban udara, polusi, benturan, pencemaran dari kotoran yang bisa merusak dan menurunkan kualitas barang.

Sebagai identitas barang, pada perkara ini, packaging bisa digunakan sebagai alat komunikasi terhadap pelanggan melalui label yang terdapat pada kemasan.

Meningkatkan Efisiensi dapat melancarkan Anda dalam menjumlahkan misalnya: satu packaging berisi 10, 1 lusin, 1 gross dan sebagainya.

Klasifikasi kemasan

kemasan dapat diklasifikasikan berdasarkan 2 sistem yakni :

1. Klasifikasi kemasan menurut frekuensi penggunaan

Kemasan sekali pakai (disposable) yaitu kemasan yang tidak digunakan dua kali sesudah dipakai.
Misalnya: kemasan plastik es, kemasan permen dan lain sebagainya.

Kemasan yang bisa digunakan berulang-ulang (multitrip). Contohnya: Botol minuman, botol kecap, botol sirup dan lain sebagainya

2. Klasifikasi Packaging Berdasarkan Sistem Kemas

Kemasan primer yaitu kemasan yang langsung mengemas bahan pangan. Contohnya kaleng susu, botol minuman, bungkus tempe dan lain-lain.

Sumber : https://ramesia.com/memulai-usaha-packaging/

Usaha Snack Makanan Ringan


1. Tempat yang strategis.
Seenak apapun snack yang Anda jual, bila hanya segelintir orang yang mengenalnya maka akan sulit sekali untuk menjualnya. Karena itu faktor lokasi sangat patut Anda pertimbangkan sebelum memulai usaha ini, terutama jika Anda masih benar-benar baru dan belum berpengalaman sama sekali.

Sebelum memulai usaha apapun, alangkah bagusnya bila Anda melakukan kroscek lokasi lebih dahulu yang kira-kira bisa menjadi tempat yang tepat buat barang jualan Anda.

2. Kreatifitas.
Umumnya telah banyak yang menggeluti usaha snack, jadi bila Anda hanya menjual barang yang sama persis, tanpa melakukan berbagai kreatifitas maka Anda akan sulit bersaing dengan pengusaha lainnya. Sebab itu buatlah kreatifitas yang unik seperti menciptakan aneka varian rasa, membuat kemasan-kemasan yang sedang populer, membuat bentuk yang menarik dan lain-lain.

3. Tempat jualan yang nyaman dan menarik.
Suasana yang bagus dan bersih akan membuat para pelanggan Anda betah berlama-lama dan bukan tidak mungkin mereka akan balik lagi karena merasa ada tempat nongkrong yang nyaman.

Sebab kebanyakan dari mereka lebih mengutamakan tempat yang bersih dan bagus untuk membeli sesuatu. Sebab itu, pastikan tempat jualan Anda bersih, bagus dan menarik serta tertata rapi, sehingga dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen Anda.

4. Harga lebih murah daripada di tempat lain.
Untuk Anda para pebisnis yang baru memulai bisnis ini, jangan ragu untuk memberikan harga promosi dan lebih terjangkau dibandingkan tempat lainnya, yang terpenting Anda masih mendapatkan keuntungan meskipun sedikit.

Baca juga  Cara Mendirikan Usaha Minuman dalam Kemasan dengan Modal Kecil
Ini trik agar produk dan tempat jualan Anda lebih diingat dan bisa direferensikan oleh konsumen Anda kepada kawan-kawannya karena harga yang lebih terjangkau dan tempat yang nyaman. Setelah berjalan cukup lancar dan memiliki banyak konsumen tetap, barulah sedikit demi sedikit Anda mulai memberlakukan harga normal, namun tetap menjaga kualitas tentunya.

5. Pelayanan yang baik.
Konsumen adalah raja, itu adalah hukum pasti dalam ilmu ekonomi jika Anda ingin sukses dalam menjalankan suatu bisnis. Servis yang memuaskan, akan memberikan citra yang baik kepada konsumen dan merekapun tidak akan bimbang untuk kembali lagi bila mereka mau membeli snack. Jangan sampai meninggalkan kesan yang buruk dan tidak baik di mata customer yang bisa membuatnya enggan untuk datang lagi.

 

Comments

Popular posts from this blog

Potensi Usaha Sosis Gulung Mie Masih Menggiurkan

Cara Memotong Daging Dendeng secara Mudah dan Menyenangkan

Analisa Peluang Usaha Roti Unyil Venus