Peluang Usaha Menjanjikan Es Batu Unik

Siapa yang tak tahu dengan yang namanya es batu. Salah satu cara paling gampang untuk membuat minuman dingin adalah menggunakan es batu. Sehingga pasti nyaris semua orang pernah mengonsumsinya.

Es batu sebenarnya hanya air yang mengalami pendinginan hingga di bawah 0 derajat celicus, sehingga air membeku dan menjadi es. Es batu bisa terjadi secara alami ataupun buatan. Meskipun namanya es batu, akan tetapi es batu tak ada hubungannya dengan batu.

Es batu seringkali dibandingkan dengan es kering. Di bahasa inggris pun keduanya hanya dibedakan oleh kata “dry”, satu disebut ice, satu lagi disebut dry ice. Memang keduanya memiliki kemiripan fungsi, tetapi zat dan cara pembentukannya berbeda. Es batu terbuat dari H2O atau air biasa yang didinginkan. Sedangkan dry ice atau es kering merupakan karbondioksida atau CO2 yang dipadatkan.

Di restoran atau rumah makan misalkan kita ambil contoh. Rumah makan memerlukan es batu untuk mendinginkan minuman atau makanan. Selain itu restoran juga menggunakan es batu untuk mendinginkan bahan makanan seperti misalkan Ikan. Yang mana tujuan ikan itu didinginkan sebelum dimasak adalah agar ikan tetap segar.

Di samping restoran kita bisa ambil contoh di usaha perikanan. Seperti yang kita ketahui bahwa Ikan sebaiknya tetap segar sampai terjual kepada pembeli agar terjaga kualitasnya. Seringkali ini menjadi masalah karena waktu proses pengiriman, kesegaran ikan hilang atau berkurang karena suhu. Maka Ikan harus dijaga supaya tetap dingin, segar, dan lembap ketika proses pengiriman. Salah satu cara dalam hal melakukan penjagaan itu adalah dengan mengirimnya dalam box atau wadah tertutup yang mempunyai suhu dingin. Dan cara untuk membuat dingin suhu di wadah atau box tersebut adalah dengan cara memberinya es batu.

Oleh karena itu keperluan pasar terhadap es batu tak bisa dikatakan kecil. Maka harus ada yang mengisi permintaan sekaligus peluang usaha es batu unik ini.

Ruth Harso, owner Ice Cube Crystal bisa memproduksi kira-kira 10 ton es batu kristal setiap harinya. Es tersebut ia beri harga seharga 1400/kg es batu kristal. Dari penjualan dengan harga tersebut ia dapat mengantongi profit hingga lima puluh persen.

Ahmad Zalu Wibowo di Cijantung, Jakarta juga menjalani usaha es batu kristal. Beliau menghasilkan 4 ton es batu kristal per hari. Es batu itu ia jual dengan harga 1200 per kilogramnya. Dari penjualan itu dia mendapat profit sampai 20%.

Ahmad berkata bahwa pelanggan es batu kristal tidak cuma terbatas pada restoran dan rumah makan saja. Pemesanan es batu dapat datang dari pengadaan event-event, misalnya seperti Java Jazz. Event-event seperti Java Jazz bisa memerlukan es batu hingga 10 ton setiap hari.

Di 2 contoh kesuskesan usaha es batu unik tadi yang kami bahas dari peluangusaha.kontan.co.id, dapat kita simpulkan bahwasannya usaha es batu mempunyai peluang keuntungan yang cukup besar.

Sumber : https://ramesia.com/usaha-es-batu-unik/
https://ramesia.com/

Bisnis Abon Bebek yang Masih Sedikit Pelaku Produsennya




Berdasarkan kedua pemain bisnis usaha tadi, mereka juga mengakui meski pertama kali tidak mudah, ternyata dengan pemasaran yang tepat, mereka sukses menjual hasil produksi abon daging bebeknya dengan cepat dan mudah. Bahkan dagangan mereka dapat meningkat terus menerus.Usaha abon bebek memang tidak semarak abon daging. Akan tetapi rasa dan aroma istimewa yang sedap dari abon bebek membuat abon ini justru menyimpan kenikmatan tersendiri di bandingkan abon daging. Apalagi teksturnya yang lebih halus memberi rasa khusus di lidah pecintanya.

Selain itu, abon bebek berisi banyak nutrisi bebek yang jauh lebih terjaga dan sehat dibandingkan abon daging yang masih terdapat banyak kolesterol dari dagingnya. Dan satu evaluasi pentingnya ialah abon bebek ini juga lebih gampang Anda jadikan bisnis usaha rumahan.

Anda dapat merintis bisnis usaha rumahan dengan menghasilkan abon bebek secara home industry dengan bermodal dagangan bebek yang setidaknya mudah Anda akses di sekeliling Anda. Dengan fokus pada bebek yang mudah bagi Anda untuk aksesnya, maka mempermudah Anda memproduksi searah dengan target, karena Anda tidak perlu lagi kerepotan untuk mendapatkan bahan baku.

Ada banyak pilihan bebek yang layak untuk menjadi bahan baku abon. Menurut banyak pakar kuliner, bebek yang sehat untuk bahan baku abon bebek ialah bebek yang sudah cukup berumur, sebab dagingnya lebih empuk sehingga seratnya masih terasa ketika Anda masak menjadi abon.

Untuk metode produksi bisnis usaha rumahan ini terbilang sederhana. Ambil daging bebek yang sudah dibersihkan, kemudian digiling setelah itu diolah dan dicampur dengan bumbu-bumbu. Setelah didiamkan selama 1 jam agar bumbu melekat, adonan daging bebek giling sebelumnya Anda goreng hingga menguning dan berbau sedap, angkat sebelum menjadi coklat dan gosong. Total seluruhnya untuk sekali adonan diperlukan waktu memasak sekitar 2-3 jam saja, terbilang simpel dan cepat kan?

Sangat bagus bagi para ibu rumah tangga yang sudah puyeng dengan tugas-tugas rumah tangga mereka. Menggerakkan bisnis usaha rumahan produksi abon bebek ini cuma mengambil waktu yang tidak banyak, sehingga tidak akan banyak mengubah ritme kerja Anda sebagai seorang ibu tumah tangga.

Malah untuk sebuah usaha kelas menengah, Anda mampu mengembangkan bisnis abon bebek ini dari skala yang kecil dulu. Manfaatkan barang-barang dapur yang Anda miliki dan belilah sekurang-kurangnya 5 ekor bebek searah dengan jenis yang hendak Anda produksi secara biasa. Dari 5 ekor daging bebek, kebanyakan dapat menghasilkan sekitar 10 kg abon bebek matang siap jual. Kapasitas ini cukup layak untuk membuka sebuah bisnis usaha rumahan skala kecil.

Comments

Popular posts from this blog

Potensi Usaha Sosis Gulung Mie Masih Menggiurkan

Cara Memotong Daging Dendeng secara Mudah dan Menyenangkan

Analisa Peluang Usaha Roti Unyil Venus