Cara Membuat Gulali Gula Pasir Manis dan Gurih

Permen gulali adalah salah satu makanan tradisional khas Indonesia yang cukup populer pada masanya. Ketika belum banyak permen atau lollipop kemasan seperti sekarang ini, anak-anak kecil lebih menyukai membeli gulali yang dijual oleh pedagang keliling.

Gulali sendiri memiliki beraneka macam jenis. Jenis yang paling disukai dan mungkin paling tradisional adalah gulali yang dibuat dari gula jawa. Gulali jenis ini memiliki warna coklat kehitaman dan biasanya ditusuk dengan potongan batang kayu. Gulali dari gula jawa ini juga biasanya dicampur dengan kacang tanah.

Jenis selanjutnya adalah gulali yang dibuat dari gula pasir. Gulali ini lebih terlihat berwarna karena para penjual gulali ini biasanya mencampurkan pewarna makanan sehingga membuatnya lebih menarik.

Gulali ini juga dapat dibentuk menjadi binatang sehingga para anak semakin menyukainya. Bahkan, gulali ini terkadang bisa ditiup sehingga menghasilkan siulan layaknya peluit.

Gulali yang selanjutnya dibuat menggunakan campuran tepung. Para pedagang biasanya menarik-narik adonan gulali ini sedemikian rupa sehingga berbentuk seperti mi atau seperti benang sutra.

banyak orang menyebut gulali jenis ini dengan sebutan rambut nenek karena bentuknya yang kusut dan acak-acakan mirip seperti rambut seorang nenek-nenek.

Jenis gulali yang terakhir ini dibuat menggunakan sebuah alat khusus yang berputar dan menghasilkan serat-serat gula yang halus. Jika serat-serat gula tadi dikumpulkan, maka akan tampak seperti sebuah kapas. Di Indonesia, gulali jenis ini lebih dikenal dengan sebutan arum manis.

Kini, seiring dengan perkembangan zaman, berbagai jenis gulali di atas sudah sulit ditemukan. Namun jika Anda ingin bernostalgia dengan aneka macam gulali tersebut, maka Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan langkah-langkah yang mudah.

Jenis Gulali
Permen Gulali Gula Jawa
Jenis gulali yang paling tradisional adalah gulali yang terbuat dari gula merah atau gula jawa. Konon ceritanya, gulali jenis ini adalah cikal bakal dari kemunculan berbagai macam gulali yang ada saat ini.

Gulali ini berwarna coklat kehitaman dan biasanya ditusuk dengan potongan batang kayu. Gulali dari gula merah ini juga biasanya dicampur dengan kacang tanah.

Permen Gulali gula Pasir
Gulali ini lebih berwarna karena para pedagangnya biasa menambahkannya dengan pewarna makanan atau pasta makanan sehingga membuatnya lebih menarik jika dibentuk.

Gulali ini juga bisa dibentuk menjadi aneka kreasi berbentuk binatang, seperti ayam, burung, mainan, pesawat, mobil-mobilan, dll., sehingga anak-anak semakin menyukai gulali jenis ini.

Bahkan, gulali gula pasir ini kadang bisa kita tiup sehingga dapat menghasilkan suara siulan layaknya peluit tukang parkir atau satpam.

Baca juga  Peluang Usaha Manis Bisnis Kebab Corner
Permen Gulali Rambut Nenek
Gulali jenis ini dibuat dari gula pasir yang dicampur dengan tepung. Para penjual biasanya menarik-narik adonan dasar gulali ini sedemikian rupa sampai berbentuk seperti mie atau seperti benang sutra.

Banyak orang menyebut gulali ini dengan istilah gulali rambut nenek karena bentuknya yang terlihat kusut dan acak-acakan seperti rambut dari nenek-nenek, sehingga ada yang menyebutnya dengan nama Gulali Rambut Nenek.

Konon katanya, orang-orang Tiongkok sering menyebut gulali ini dengan istilah jenggot seekor naga.

Permen Gulali Arum Manis
Jenis gulali yang terakhir ini dibuat menggunakan mesin khusus yang berputar dan menghasilkan serat-serat gula yang halus, nama mesinnya adalah Cotton Candy Machine.

Mesin Cotton Candy ini bisa Anda pesan juga di Ramesia Mesin. Jika serat-serat tersebut dikumpulkan, maka akan terlihat seperti sebuah kapas oleh karena itu gulali jenis ini disebut juga dengan permen kapas (Cotton Candy).

Di Indonesia, gulali jenis ini lebih populer dengan sebutan arum manis.

Resep Membuat Gulali
Resep Permen Gulali Gula Jawa
Bahan

· 500 gram gula jawa yang dihaluskan
· 125 ml air atau secukupnya
· Kacang tanah yang telah dipotong kecil-kecil
· Tusuk sate

Cara Membuat

1. Masukkan gula merah atau gula jawa dan air ke dalam wajan lalu aduk-aduk hingga gula tercampur dengan merata. Nyalakan kompor dengan api yang sedang lalu taruh wajan di atasnya.
2. Aduk-aduk terus adonan tersebut hingga mendidih. Selalunjutnya masukan potongan kacang tanah lalu aduk-aduk kembali hingga merata. Jika airnya sudah sedikit berkurang, silahkan angkat wajan tersebut lalu diamkan hingga adonan tampak mulai mengental.
3. Jika adonan sudah mengental, sila mencelupkan tusuk sate ke dalamnya lalu ambil gulalinya. Selamat menikmati gulali tradisonal ini. Jika ingin disimpan dalam waktu yang lama, Anda bisa membungkus gulali yang sudah ditusuk tersebut dengan plastik kemudian masukkan ke dalam toples tertutup.

Resep Permen Gulali Gula Pasir
Bahan

· 1 kg gula pasir
· 1 sdm asam citrun
· 1 sdm pasta pandan atau pasta strawberry
· 1 sdm asam citrun
· 100 ml air matang atau ¾ gelas sedang

Alat-alat

· 1 centong kayu untuk mengaduk gulali
· 1 sendok makan
· 1 wajan ukuran besar

Cara Membuat

1. Masukkan gula pasir, lalu masukkan semua bahan kedalam wajan. Aduk hingga rata menggunakan centong kayu ke kiri dan ke kanan dengan sabar jangan sampai berhenti hingga 10-12 menit gulali matang.
2. Matikan kompor tetapi tetap mengaduk pelan-pelan.
3. Setelah itu menunggu proses pendinginan sampai 15 menit. Sampai mendapatkan tekstur yang diinginkan.
4. Lalu masukkan kedalam stoples. Dinginkan sampai 2 jam.
5. Gulali siap dibentuk sesuai kreativitas.

Baca juga  Cara Memotong Bagian Daging Sapi, Agar Daging Empuk dan Lezat Dimakan
Resep Permen Gulali Rambut Nenek
Bahan

· 500 gram gula pasir
· 125 ml air atau secukupnya
· Pewarna makanan sesuai warna yang diinginkan
· Minyak goreng secukupnya
· Tepung terigu

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-gulali/

Melihat Peluang Usaha Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dan Minuman Kemasan

Cairan merupakan salah satu zat yang paling diperlukan bagi kehidupan sehari-hari. Bagaimana tidak? 55 hingga 78 persen tubuh seseorang terdiri dari air. Karena adanya air, badan kita bisa bekerja dengan seharusnya. Dimulai dari lancarnya aliran darah, sampai terbebas dari kekurangan cairan.

Supaya dapat berfungsi sebagaimana seharusnya, tubuh kita membutuhkan antara satu liter sampai tujuh liter air setiap hari. Banyaknya air yang dibutuhkan tentunya dipengaruhi oleh padatnya aktivitas, suhu serta kelembaban lingkungan, dan faktor-faktor lainnya.

Kebanyakan orang percaya bahwa manusia memerlukan 8-10 gelas (sekitar dua liter) setiap harinya, namun hasil observasi yang diterbitkan oleh Universitas Pennsylvania pada tahun 2008 menyatakan bahwa konsumsi sebanyak dua liter tersebut tak bisa dibuktikan banyak membantu dalam meningkatkan kesehatan tubuh.

Bahkan terkadang, bagi sebagian pihak, jika meminum cairan berlebihan dari yang dianjurkan berpeluang mengakibatkan ketergantungan. Ahli medis lainnya menyarankan hanya meminum satu liter air saja per hari, dan bisa ditambah lagi ketika berolahraga atau ketika cuaca panas.

Usaha Air Minum Kemasan dan Minuman Dalam Kemasan
Dilihat dari amat dibutuhkannya manfaat air bagi kesehatan manusia, jelas hal tadi menjadi sebuah potensi untuk memulai menjalankan bisnis. Banyak bisnis minuman yang bisa dijalankan, contohnya sepert usaha minuman kemasan atau usaha air minum dalam kemasan.

Bisnis Air Minum Dalam Kemasan
Potensi usaha air minum dalam kemasan (AMDK) sebenarnya masih sangat baik, tapi hal tersebut diperuntukan bagi pihak yang mempunyai dana. Telah banyak pengusaha yang mencoba bermain di usaha ini, namun terkendala keuangan, tempat, dan sumber bahan baku.

Bisnis air minum dalam kemasan ini masih sangat berpotensi disebabkan masih banyak pula masyarakat Indonesia yang masih memakai air rebusan yang diperoleh dari PAM atau bahkan air sumur. Walaupun sebenarnya sudah jelas kesehatan air tadi mesti dipertanyakan.

PDAM ataupun sumur bor dirasa kurang sehat karena di dalamnya terkandung mineral serta logam berat lainnya. Di sisi lain, kesadaran masyarakat Indonesia mengenai pentingnya kualitas air minum mulai tumbuh.

Baca juga  Cara Menjalankan Bisnis Franchise Mie
Membuka pabrik AMDK juga menjadikan usaha kita lebih dipercaya oleh banyak orang ketimbang membuka depot isi ulang air minum. Hal tersebut tentu disebabkan beberapa pihak yang kurang yakin dengan keamanan air minum dari kios isi ulang air minum.

Oleh karenanya, bisnis AMDK ini dipercaya sangat berpotensi dan memiliki peluang yang lebar. Namun, masalahnya berada pada modal yang diperlukan. Tentu saja, membuka sebuah pabrik membutuhkan modal yang besar.

Usaha Minuman Kemasan
Memulai usaha minuman kemasan mungkin lebih praktis dijalankan dibandingkan dengan memulai usaha air minum dalam kemasan. Selain karena kebanyakan pihak lebih tertarik dengan sesuatu yang lebih lezat rasanya, usaha minuman kemasan pun dapat dijalankan hanya dengan skala rumahan saja.
Jika Anda tertarik dengan usaha minuman kemasan, berikut ini adalah beberapa macam minuman dalam kemasan yang bisa Anda pilih menjadi produk yang akan Anda jual.

Sari Buah
Minuman dalam kemasan dari sari buah akan sangat membantu menyempurnakan kebutuhan buah bagi seseorang. Dengan bermacam-macam buah-buahan yang tentunya aman dan menyehatkan, Anda dapat memulai usaha sari buah-buahan yang nikmat dan berpeluang menguasai pasar.

Yoghurt
Yoghurt merupakan minuman yang banyak dikonsumsi karena memiliki rasa yang nikmat. Selain segar, minuman ini juga memiliki kombinasi rasa antara asam dan manis. Terlebih lagi di saat Anda menambahkan berbagai macam pilihan rasa seperti vanilla, stroberi, berry, mix fruits, dan lain sebagainya.

Kefir
Kefir dan yoghurt kadang kala dikenal sebagai satu jenis minuman yang serupa. Walaupun mempunyai rasa dan kekentalan yang tak berbeda, kefir ataupun yoghurt adalah 2 macam minuman yang berbeda. Bukan hanya cara membuatnya saja, bakteri yang dipakai sebagai bahan bakunya juga berbeda.

Susu
Tak hanya kefir dan yoghurt, bahan baku terpenting dari 2 jenis minuman tadi juga berpeluang dijadikan sebagai minuman dalam kemasan yang dapat Anda bisniskan. Anda tinggal memberikannya brand yang unik supaya minuman susu yang Anda jual cepat dikenal konsumen.

Teh
Walaupun telah banyak industri besar yang bermain di usaha minuman kemasan ini, banyaknya peminat menjadikan potensi memulai bisnis teh tetap terbuka lebar. Berilah brand yang sekiranya mudah diingat oleh masyarakat dan terus pertahankan kualitasnya agar bisnis minuman ini bisa tetap berjalan.

Baca juga  Rahasia Peluang Usaha Minuman dalam Kemasan yang Beromzet 100jt/Bulan!
Kopi
Kopi juga dapat Anda manfaatkan sebagai peluang usaha minuman kemasan yang dapat memberikan efek berjuta rasa. Banyaknya variasi dari kopi seperti coffee latte, mocca, kapucino, dan lain-lain semakin memperbesar jangkauan calon konsumen Anda. Dengan mengemas kopi menjadi berbagai macam rasa, maka Anda akan merajai pangsa pasar yang lebih luas namun tepat sasaran.

Sirup
Sirup juga termasuk salah satu minuman yang amat digemari banyak orang. Tak hanya disukai karena kesegarannya, sirup pun memiliki varian rasa yang begitu banyak. Seperti stroberi, jeruk, melon, dan masih banyak lagi.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Potensi Usaha Sosis Gulung Mie Masih Menggiurkan

Cara Memotong Daging Dendeng secara Mudah dan Menyenangkan

Analisa Peluang Usaha Roti Unyil Venus