Cara Membuat Gulali dari Gula Merah

Apa Itu Gulali?

Gulali adalah salah satu jajanan tradisional Indonesia yang sangat terkenal pada masanya. Ketika belum banyak permen atau lollipop kemasan seperti sekarang ini, para anak lebih suka membeli gulali yang dijual oleh para pedagang keliling.

Gulali sendiri memiliki beraneka macam jenis. Jenis yang paling terkenal dan mungkin paling tradisional adalah gulali yang terbuat dari gula jawa. Gulali ini memiliki warna coklat kehitaman dan biasanya ditusuk dengan batang kayu kecil. Gulali dari gula jawa ini juga biasanya dicampur dengan kacang tanah.

Jenis yang kedua adalah gulali yang terbuat dari gula pasir. Gulali ini lebih berwarna karena para pedagang biasanya memberikan pewarna makanan sehingga membuatnya lebih menarik.

Gulali ini juga dapat dibentuk menjadi binatang sehingga para anak semakin menyukainya. Bahkan, gulali ini kadang juga bisa ditiup sehingga menghasilkan bunyi layaknya peluit.

Gulali yang selanjutnya dibuat dengan menggunakan campuran tepung. Para pedagang biasanya menarik-narik adonan gulali sedemikian rupa hingga berbentuk seperti mie atau seperti benang sutra.

banyak orang menamakan gulali jenis ini sebagai rambut nenek karena bentuknya yang kusut dan acak-acakan seperti rambut nenek-nenek.

Jenis gulali yang keempat ini dibuat dengan sebuah mesin khusus yang berputar dan menghasilkan serat-serat gula yang halus. Jika serat-serat gula tersebut dikumpulkan, maka akan tampak seperti sebuah kapas. Di Indonesia, gulali jenis ini lebih populer dengan nama arum manis.

Kini, seiring dengan perkembangan zaman, berbagai jenis gulali yang disebutkan di atas sudah sulit ditemukan. Namun jika Anda ingin bernostalgia dengan aneka gulali tersebut, maka Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan langkah-langkah yang mudah.

Jenis Gulali

Permen Gulali Gula Jawa

Jenis yang paling tradisional adalah gulali yang dibuat dari gula jawa atau gula merah. Konon, gulali ini adalah cikal bakal dari kemunculan berbagai macam gulali yang bisa kita temui saat ini.

Gulali ini memiliki warna coklat kehitaman dan biasanya ditusuk menggunakan potongan batang kayu. Gulali dari gula jawa ini biasanya dicampur dengan kacang tanah. Di bawah kita akan bahas cara membuat gulali dari gula merah.

Permen Gulali gula Pasir

Gulali jenis ini lebih berwarna karena para penjualnya biasa memberikan pewarna makanan atau pasta makanan sehingga membuatnya lebih menarik jika dibentuk.

Gulali jenis ini juga dapat dibentuk menjadi aneka kreasi hewan, seperti ayam, burung, mainan, pesawat, mobil-mobilan, dan lain-lain, sehingga anak-anak semakin menyukainya.

Bahkan, gulali ini terkadang bisa ditiup untuk menghasilkan suara siulan layaknya suara peluit tukang parkir atau satpam.

Permen Gulali Rambut Nenek

Baca juga  Tak Hanya Rasanya, Keuntungan Berbisnis Mie Bakso Pun Tak Kalah Nikmat
Gulali jenis ini terbuat dari gula pasir yang dicampur dengan tepung. Para penjual biasanya menarik-narik adonan gulali jenis ini sedemikian rupa sampai gulali ini berbentuk mirip seperti mi atau seperti benang sutra.

Kebanyakan orang menyebut gulali jenis ini sebagai rambut nenek karena bentuknya yang kusut dan acak-acakan mirip seperti rambut seorang nenek-nenek, sehingga ada yang menyebutnya Gulali Rambut Nenek.

Konon katanya, orang-orang Cina sering menyebut gulali ini dengan istilah jenggot seekor naga.

Permen Gulali Arum Manis

Jenis gulali yang terakhir ini dibuat dari sebuah mesin khusus yang berputar dan menghasilkan serat-serat gula halus, nama mesin ini adalah Cotton Candy Machine.

Mesin Cotton Candy ini bisa Anda pesan juga di Ramesia Mesin. Jika serat-serat gula tersebut dikumpulkan, maka akan tampak seperti sebuah kapas oleh karena itu gulali ini disebut juga dengan permen kapas (Cotton Candy).

Di Indonesia, gulali jenis ini lebih terkenal dengan sebutan gulali arum manis.

Resep Membuat Gulali

Resep Cara Membuat Gulali dari Gula Merah

Bahan

· 1/2 kilogram gula jawa atau gula merah yang sudah dihaluskan

· 125 ml air atau secukupnya

· Kacang tanah yang sudah dipotong kecil-kecil

· Tusukan sate

Cara Membuat

1. Masukkan gula merah dan air ke dalam wajan lalu aduk hingga tercampur dengan rata. Nyalakan kompor dengan api sedang lalu letakan wajan di atasnya.

2. Aduk-aduk terus adonan tersebut hingga mendidih. Selalunjutnya masukan potongan kacang tanah lalu aduk-aduk kembali hingga merata. Jika airnya sudah sedikit berkurang, silahkan angkat wajan tersebut lalu diamkan hingga adonan tampak mulai mengental.

3. Jika adonan sudah mengental, sila mencelupkan tusuk sate ke dalamnya lalu ambil gulalinya. Selamat menikmati gulali tradisonal ini. Jika ingin disimpan dalam waktu yang lama, Anda bisa membungkus gulali yang sudah ditusuk tadi dengan plastik kemudian masukkan ke dalam toples.

Resep Permen Gulali Gula Pasir

Bahan

· 1 kg gula pasir

· 1 sdm asam citrun

· 1 sdm pasta pandan atau pasta stroberi

· 1 sdm asam citrun

· 100 ml air matang atau 3/4 gelas sedang

Alat-alat

· 1 centong kayu

· 1 sendok makan

· 1 wajan ukuran besar

Cara Membuat

1. Pertama masukkan gula pasir, lalu masukkan semua bahan yang telah disiapkan sebelumnya kedalam wajan. Aduk sampai rata dengan centong kayu ke kiri dan ke kanan dengan sabar jangan sampai berhenti hingga 10-12 menit gulali matang.

2. Matikan kompor tetapi tetap mengaduk pelan-pelan.

3. Setelah itu menunggu proses pendinginan sampai 15 menit. Sampai mendapatkan tekstur yang kita inginkan.

Baca juga  Potensi Bisnis Aneka Es Modal Kecil Untung Jutaan
4. Masukkan kedalam stoples. Dinginkan sampai 2 jam.

5. Terakhir gulali siap dibentuk sesuai kreativitas.

Resep Permen Gulali Rambut Nenek

Bahan

· 500 gr gula pasir

· 125 ml air atau secukupnya

· Pewarna makanan

· Minyak goreng

· Tepung terigu

Cara Membuat

1. Tuang minyak goreng ke dalam wajan lalu panaskan di atas kompor. Masukkan tepung terigu kemudian aduk-aduk hingga baunya harum dan berwarna sedikit kecoklatan.

2. Selanjutnya tuang tepung terigu yang sudah disangrai tersebut ke atas wadah yang lebar seperti loyang untuk membuat kue. Taburkan dengan merata dan diamkan sampai panasnya menghilang. Sambil menunggu tepung dingin, silakan membuat adonan gulalinya.

3. Sama seperti di atas, yakni campurkan gula pasir, air, dan pewarna ke dalam satu wajan. Kemudian panaskan dengan api sedang sambil terus diaduk-aduk hingga mendidih. Angkat wajan tersebut lalu diamkan sebentar hingga mulai mengental.

4. Lalu tuangkan adonan tadi ke atas tepung terigu. Kemudian silakan tarik-tarik adonan tersebut hingga berbentuk menjadi seperti rambut nenek. Awalnya mungkin akan terasa sulit namun jika sering melatihnya maka Anda dapat membentuknya dalam waktu yang singkat.

Resep Permen Gulali Arum Manis

Bahan

· 1 kg gula pasir

· 1 sdm pasta pandan atau pasta strawberry

· 1 sdm asam citrun

· 100 ml air matang atau 3/4 gelas sedang

Alat-alat

· Persiapkan Cotton Candy Machine untuk membuat arum manis

· Stik bambu/ cone stick untuk menggulung gulali arum manis

Cara Membuat

1. Campurkan gula dengan pewarna makanan yang telah disiapkan sebelumnya dan diaduk-aduk hingga merata.

2. Nyalakan mesin dan pemanas hingga mesin siap untuk digunakan.

3. Masukkan gula yang sudah dicampur dengan pewarna makanan ke dalam mesin, tunggu beberapa saat sampai keluar serabut-serabut gula halus dari mesin.

4. Gulung serabut gula halus dengan stick cone. Gulung hingga ukuran yang sesuai keinginan.

5. Arum Manis siap untuk dinikmati (masukkan kedalam kemasan plastik jika ingin dijual ).

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-gulali-dari-gula-merah/

Rahasia Cara Membuat Jus Lidah Buaya yang Nikmat dan Menyehatkan


Tips Membuat Jus lidah buaya Agar Rasanya Enak, Lezat dan Nikmat Pada Saat Diminum
Mungkin Anda pernah bertanya pada diri sendiri, kenapa minuman jus lidah buaya buatan saya rasanya aneh? Tidak nikmat, tidak segar atau malah mengakibatkan perut mual (eneg). Padahal langkah-langkah membuatnya sudah benar dan bahan-bahan juga telah komplit. Apa masih ada yang salah?

Pasti Anda sudah paham bila lidah buaya yang dipergunakan sebagai bahan dasar olahan jus lidah buaya memiliki kandungan vitamin, nutrisi, gizi serta enzim.

Hal itulah yang menjadi faktor utama olahan minuman jus lidah buaya menjadi salah satu minuman kesehatan yang digemari banyak kalangan. Selain rasanya yang lezat, cara mengolahnya juga mudah, hanya perlu menyediakan sebuah mesin blender.

Apakah Anda sudah tahu, jus lidah buaya yang diolah menggunakan blender hakekatnya termasuk dalam jenis smoothies?

Perhatikan ciri-cirinya:
Jus alias smoothies tekstur kental, mengenyangkan serta strukturnya seperti bubur lidah buaya. Sedangkan minuman jus (juice) yang asli adalah sari lidah buaya, umumnya dibuat memakai alat bernama juicer.

Meskipun begitu, keduanya mempunyai khasiat kesehatan yang sama, hanya tidak sama dari segi bentuk dan tampilan saja. Tidak masalah apabila Anda menyebut smoothies dengan jus, toh masyarakat Indonesia lebih mengenal sebutan nama tersebut.

Cara mudah Mengolah Minuman Jus lidah buaya Supaya Memiliki Rasa Fresh
Sebisa mungkin menggunakan komposisi lidah buaya  yang masih segar agar rasa dan vitamin yang terkandung dapat diperoleh dengan sempurna.

Hindari memadukan 2 bahan atau lebih dengan aroma yang keduanya sama kuat atau tajam.

Supaya tampilan jus lidah buaya lebih eye catching, pakailah beberapa variasi komposisi yang beraneka warna. Misalnya jus Mangga campur jambu merah atau buah jenis lain.

Baca juga  Peluang Usaha Kuliner Bakso yang Menjanjikan
Jangan ragu untuk menambahkan air perasan jeruk nipis pada minuman jus lidah buaya buatan Anda dikarenakan air tersebut bisa memperkaya rasa dan juga menghilangkan bau menyengat terhadap bahan tertentu.

Air perasan jeruk nipis dapat menjadikan jus lidah buaya menjadi lebih enak.

3 opsi agar minuman jus lidah buaya menjadi lebih enak:
1) Masukkan es serut ke dalam blender bersama bahan yang lain
2) Pakailah air es yang dingin bukan air putih
3) Gunakan air putih kemudian tambahkan potongan es batu di atas jus lidah buaya yang telah jadi.

Apabila memungkinkan, jangan masukan pemanis, susu kental manis ataupun sirup kental karena dapat menghambat kinerja penyerapan vitamin oleh tubuh.

Namun jika terpaksa, buatlah sirup gula. Caranya didihkan gula pasir bersama air dengan skala 1:1. Pemanis gula lebih cepat larut dan menyatu dengan jus lidah buaya daripada menggunakan gula pasir.

Setelah dibuat, alangkah baiknya jus lidah buaya segera diminum karena bila terlalu lama dibiarkan maka kandungan vitamin dalam minuman jus lidah buaya akan rusak akibat oksigen dan ultraviolet, akibatnya rasanya kurang enak dan juga khasiat berkurang.

Waktu yang terbaik untuk mengkonsumsi minuman jus lidah buaya adalah sebelum makan agar penyerapan zat-zat gizi yang terkandung dapat sempurna.

Ukuran jus lidah buaya untuk anak berumur enam bulan ke bawah sebaiknya tidak lebih dari 177 mili liter atau kurang dari 1 gelas standar per hari.

Bonus Tips

Apabila menggunakan juice extractor, gunakanlah hanya buahnya saja sedangkan komposisi lain semisal air putih, susu, madu, sirup gula disisihkan. Anda bisa memasukan es batu sesudah sari buahnya keluar atau menyimpan kedalam lemari es supaya minuman jus terjaga kesegaranya.

Kembali ke penjelasan awal, jus adalah sari buah yang dibuat dengan cara memeras cairan di dalam buah tersebut.

Oleh sebab itu yang dihasilkan adalah sari lidah buaya, lambung akan terhindar dari rasa tidak nyaman atau mual. Lain jika menggunakan blender, dimana yang dihasilkan adalah bubur lidah buaya dengan bentuk kental dan membuat kenyang perut pasti akan membosankan jika terus mengkonsumsinya setiap hari.

Baca juga  Jalan Sukses Untuk Pemula dalam Bisnis Makanan Kemasan Skala Menengah
Solusinya, gunakanlah kain tipis (kasa) atau menggunakan saringan khusus untuk memisahkan minuman jus lidah buaya dengan buih atau serat-serat lidah buaya yang tidak larut dengan maksimal.

Bahan untuk Membuat Minuman Jus lidah buaya:
1) Dua lidah buaya alpukat yang sudah matang
2) 80 ml gula cair, air mineral seperlunya
3) Es batu secukupnya
4) Mesin blender

Cara Mudah Mengolah Minuman Jus lidah buaya:
1) Cuci semua bahan dan kupas kulitnya.
2) Campurkan semua ke dalam mesin blender dan proses hingga halus.
3) Saring berikutnya tuangkan ke dalam gelas.
4) Sajikan dengan segera

Comments

Popular posts from this blog

Potensi Usaha Sosis Gulung Mie Masih Menggiurkan

Cara Memotong Daging Dendeng secara Mudah dan Menyenangkan

Analisa Peluang Usaha Roti Unyil Venus